Proyek Nintendo 3DS Emulator Open Source

logo N3DS

Hallo kawan-kawan, selamat datang di blog HanyaLinux! Kali ini saya akan memberikan info terkini tentang proyek emulator yang paling hot sekarang, apalagi kalau bukan Nintendo 3DS πŸ˜€ Ya benar, proyek ini didirikan oleh seseorang bernama Bunnei dan dinamakan ‘citra’ ‘citra 3ds emulator’

Ini Screenshotnya:

citra 1

citra 2

citra 3

Citra Nintendo 3DS Emulator bisa dijalankan di Windows maupun Ubuntu, seperti screenshot di atas. Sayangnya, ini merupakan proyek jangka panjang dan untuk sekarang hanya bisa memainkan game homebrew saja. Ini artinya emulator ini sementara hanya berguna bagi developer / pengembang aplikasi, dan masih sangat jauh untuk bisa memainkan game Nintendo 3DS komersial seperti Pokemon X & Y, meskipun saya yakin suatu saat nanti pasti proyek ini akan menghasilkan sesuatu yang sangat berarti πŸ™‚

Bagaimana saya bisa berkontribusi untuk mengembangkan Emulator Citra N3DS ini?

Silahkan kunjungi situs resminya di GitHub:

https://github.com/bunnei/citra/

Dan ini kalau mau langsung download emulatornya:

http://www.emucr.com/2014/05/citra-git-20140501.html

Ini situs-situs yang berguna juga:

http://gbatemp.net/threads/new-3ds-emulator.365154/

Terakhir pesan saya adalah tolong sebarkan informasi ini kepada siapapun juga. Mengapa? Karena dengan menyebarkan informasi Citra Emulator ini akan mempercepat proses pengembangan, karena saya yakin banyak programmer-programmer berbakat di Indonesia yang sekiranya dapat membantu. Yang jelas ini merupakan langkah kecil untuk perubahan besar, yaitu adanya Nintendo 3DS Emulator yang sungguhan. Apalagi namanya ‘Citra’ cukup menarik bukan?

Sekian tulisan saya kali ini, jika anda ingin bertanya, punya usul, masukan, kritik, saran, bisa tulis di form komentar dibawah. Setiap pertanyaan yang masuk akan saya respons πŸ™‚

Terimakasih

7 comments

    1. Bukan gan, ini projek seseorang dengan kode nama ‘Bunnei’, rencananya saya mau belajar dulu tentang reverse engineering dan mengenal kode-kode emulasi (seperti konsol Nintendo terdahulu yang sudah ada emulator open-source nya). Baru setelah itu ikut berkontribusi πŸ™‚

Leave a Reply

