Cara ganti DNS Ubuntu 14.04

DNS

Hai sobat! Bertemu lagi bersama saya Ridwan. Langsung saja tanpa buang waktu saya akan memberikan tips sederhana untuk mengganti DNS di Ubuntu 14.04. Mengapa? Karena banyak situs yang diblok oleh DNS Nawala yang sebenarnya kurang tepat untuk diblok, contohnya situs favorit saya mangafox.

Caranya cukup mudah, cukup buka terminal, ketikkan kode berikut ini:

sudo gedit /etc/dhcp/dhclient.conf

Setelah itu kamu akan masuk ke teks editor, cari yang ada tulisan seperti ini:

#supersede domain-name "fugue.com home.vix.com";
#prepend domain-name-servers 127.0.0.1;

Hilangkan tanda pagar, lalu ganti nama domain dan nama server domain menjadi berikut:

supersede domain-name "google.com";
prepend domain-name-servers 8.8.8.8;

Bingo! Kamu telah berhasil mengubah DNS di Ubuntu 14.04, sekarang komputer kamu sudah bisa buka situs web apapun.

Terimakasih kunjungannya. Stay tune terus ya di situs ini untuk update tiap harinya.

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, masukan, tuliskan saja komentar di bawah ini. Akan saya tanggapi secepatnya šŸ™‚

8 comments

    1. Maaf kang tapi saya tidak menjalankan server. Blog ini lebih dikhususkan untuk pengguna akhir (end-user) agar lebih nyaman menggunakan linux. Terimakasih atas sarannya, akan saya pertimbangkan untuk membuat tulisan tersebut di kemudian hari.

  1. hahaha ini nih yang saya cari-cari… ganti DNS di linux… šŸ˜€
    ahihirr.. šŸ˜€ akhirnya nemu disini… muakacih bnyak y bang.. hehe…
    byasanya g bingung ngatur DNS di windows, nah skrang ganti OS baru dah bingung.. wkwkkw
    tp sedikit legaa… disini sudah dishare caranya.. wkwkwk..

  2. ane juga gagal ngikutin cara di atas..

    dan pake cara ini berhasil :

    1. sudo gedit /etc/resolv.conf
    2. kemudian tekan enter, lalu masukan password ubuntu anda
    3. Setelah muncul, pada bagian paling bawah ganti “nameserver 127.0.1.1 dengan “nameserver 8.8.8.8. Itu merupakan DNS GOOGLE, atau lainya.

Leave a Reply

